Usulan Ijin Pembiakan & Pemeliharaan Anjing Pitbull        

Oleh : Ir.Tony Jusuf
Usulan Ijin Pembiakan & Pemeliharaan Anjing Pitbull

Pentingnya dibuat usulan peraturan ijin pembiakkan dan ijin pemeliharaan pada trah Pitbull di Indonesia maupun di Luar negeri.

Tulisan ini dibuat sebagai upaya mendorong pihak-pihak terkait seperti badan registrasi anjing, dinas peternakan, klub penggemar anjing, dsb untuk segera mendiskusikan dibuatnya peraturan ijin pembiakkan dan ijin pemeliharaan jenis ini di Indonesia. Sebelum kita bercerita tentang pentingnya dibuat peraturan ini, ada baiknya kita mengingat beberapa kejadian yang mengerikan akibat penyerangan anjing pitbull terhadap manusia maupun terhadap hewan lainnya.

Beberapa waktu yang lalu, kita mendengar kejadian seekor Pitbull yang menyerang anak kecil berumur 8 tahun sehingga korban meninggal dunia, dan masih banyak kejadian lainnya terjadi di seluruh dunia, bahkan penyebabnya bukan hanya trah Pitbull tetapi juga dari trah lain ataupun mix Pitbull. Kita sebagai penggemar anjing merasakan dukacita yang sangat mendalam atas kejadian tersebut, tanpa bermaksud menyalahkan pada salah satu pihak, bagaimanapun juga nyawa seseorang jauh lebih penting daripada nyawa binatang atau hewan peliharaan kesayangan kita, dan tulisan ini diharapkan sebagai usaha kita agar kejadian tersebut tidak lagi terulang di wilayah manapun.

Namun hal apa yang mungkin kita bisa lakukan untuk mencegah agar hal tersebut tidak terulang? Tulisan dibawah ini semoga dapat menjadi bahan diskusi dan pemikiran dari semua pihak, baik dari pecinta anjing maupun bukan pecinta anjing.

Ada 3 hal yang kita dapat lihat dari bahan diskusi ini :
1. Definisi dari seekor anjing pitbull dan keluarga dekatnya
2. Mengupas masalah fenomena permasalah yang terjadi.
3 . Registrasi dan jenis olahraga / fungsi anjing ini.

1. Definisi dari seekor anjing jenis Pitbull dan keluarga dekatnya.
Di Amerika, Pitbull Terrier dikenal dengan nama : APBT (American Pitbull Terrier- size 18-22 inch) dan Amstaff (American Staffordshire Terrier size 17-19 inch). Pitbull Terrier diregisterasi di banyak asosiasi /club, seperti : UKC, ADBA, AKC, dsb.
Di Inggris, ada keluarga dekat Pitbull Terrier, yang disebut Staffordshire Bull Terrier (size 14-16 inch), secara umum ukurannya lebih kecil dari Pitbull Terrier.

Kerabat dekat Pitbull Terrier lainnya adalah American Bulldog (size 22-28 inch) dan Dogo Argentino (size 24-27 inch), juga ada Bull Terrier dari Inggris. Dan 15 tahun terakhir, Amerika merekayasa jenis baru persilangan dari Pitbull, Stafford, Bulldog, dsb menjadi American Bully.

Sekitar tahun 1700 s/d 1800 nenek moyang jenis APBT dipakai untuk kegiatan bloodsport, dinamakan Pitbulldog, sekitar 6-8 ekor untuk menyerang dan mengalahkan seekor Beruang (Bear baiting) dan Bullbaiting (dengan seekor banteng).
Pitbull dibawa ke Amerika sekitar tahun 1870 sampai 1890-an,salah satunya importirnya dari keluarga JP.Colby. Jenis ini dikembangkan secara khusus di tangan dogfighter melalui proses panjang pembiakkan yang sangat selektif dan konsisten, dibawah aturan Cajun rule sehingga terbukti menjadi anjing paling berkualitas terutama di kelas ukurannya.

Ibarat suatu bahan utama untuk pembuatan senjata seringkali darah Pitbull Terrier yang masih kuat akan kemampuan tarungnya dipakai untuk membuat trah baru, dialihkan fungsinya untuk menjadi anjing pemburu atau anjing penjaga. Ditangan para pemburu, jenis ini dipakai untuk berburu babi hutan, raccoon, puma, dsb.

 



Ditangan para penggemar anjing keluarga, anjing show conformation dan sporting dog, jenis ini digunakan untuk meramaikan berbagai contest antara lain : weight pulling, springpole, dsb. Jenis ini juga dipilih menjadi teman pendamping keluarga, teman bermain, bahkan sebagai anjing therapy ataupun anjing penjaga dan anjing pekerja.

Ada 2 faktor yang sangat mempengaruhi dan membentuk karakter seekor anjing :
1. Genetika (50%)
2. Pemeliharaan, perawatan, pelatihan dari Pemilik (50%)

Peranan genetika (keturunan) dan faktor pemeliharaan dan pelatihan dari Pemilik anjing jenis ini sangat besar pengaruhnya terhadap pembentukkan karakter anjing dewasa, apakah anjing nantinya berisiko tinggi untuk menyerang orang ataupun hewan lain, ini semua bermula dari : siapa/ apa konsep breeder tersebut, darah anjing apa yang dipakai untuk dibreeding, kriteria syarat apa yang dipakai untuk calon indukannya. Setelah lahir anakan anjing, meskipun anakan anjing tersebut memiliki karakter yang baik/ stabil, kita tidak dapat memastikan karakter anjing ini dewasanya tanpa mengetahui siapa dan bagaimana perlakuan Pemilik anjing terhadap anjing Pitbullnya.

Seorang breeder Pitbull yang baik, semestinya sadar bahwa apapun tujuan pengembangbiakan jenis ini (apakah untuk sporting dog, show contest, dogfighting, hunting dog, dsb) dan apapun target utama yang ingin dicapai dari breeding ini (Gameness, HPT, agility,dsb) tentunya semua ini akan menjadi hal yang berbahaya bila factor kestabilan mental (stable disposition) tidak dapat dipenuhi.

Banyak Dogfighter mengklaim bahwa anjing-anjingnya pasti punya temperamen yang stabil karena telah lolos uji di pit contest, dimana seekor anjing yang agresif terhadap manusia akan didiskualifikasi di ring pit. Namun pada kenyataannya bisa saja sebagian anjing dari breeder tsb menghasilkan anjing dengan temperamen yang kurang stabil. Mungkin saja breeder tsb menganggap cacat produksi ini bukan untuk dijual tetapi memberikannya gratis kepada orang lain hanya sebagai anjing penjaga kebun. Tapi inilah yang menjadi celah peluang tersebarnya genetika buruk yang dapat menurun apabila anjing tsb dibiakkan.

Mungkin standard nilai kestabilan temperamen untuk anjing jenis lain tidak dibutuhkan terlalu tinggi, namun untuk jenis ini, hal stable disposition adalah hal utama (pokok). Karena seekor Pitbull umumnya berbeda dengan jenis lain, umumnya Pitbull dengan darah yang bagus sangat jarang untuk berkeinginan menyerang orang namun apabila dia yakin mau menyerang maka serangannya tsb sangat sulit dihentikan kecuali dengan tembakan di kepalanya.

Pada waktu seorang breeder (pembiak) membiakkan anjing Pitbullnya, hal ini sangat tergantung dari tujuan pembiakkan itu sendiri. Seorang breeder gamebred Pitbull (Pitbull yang khusus dikembangkan untuk aduan anjing) akan mementingkan 7 hal : gameness, bite pressure, high pain tolerance, fighting ability, agility, stable disposition dan stamina. Namun tidak dipungkiri, pada waktu membreeding, anakan anjing yang keluar belum tentu semuanya membawa sifat yang sama dengan kedua sifat orantuanya. Terkadang cacat gen seperti gen anjing yang cenderung agresif terhadap orang mungkin saja dapat timbul pada sebagian anakan tersebut.

Dalam suatu kelahiran anakan anjing, entah 2, 3 atau 10 ekor anakan umumnya terdapat : The Alpha Dog, yaitu anjing nomor satu sebagai calon pemimpin kawanan. The alpha umumnya mempunyai sifat yang lebih dominan dibanding saudaranya. Perlu penanganan yg lebih cermat untuk pemeliharaan anjing Alpha tsb.

Disisi lain, akibat dari metode breeding seperti inline breeding yang sangat sering dilakukan seorang breeder (untuk mengejar targetnya, contoh : gameness, anatomi, dsb) maka tidak tertutup kemungkinan munculnya sifat buruk pada sebagian anakannya, yang dinamakan cacat genetic (ex: nerveous, agresifitas tinggi,dsb). Anakan type ini tidak boleh dipelihara apalagi dibreeding.

Sebagian dari jenis Pitbull umumnya tidak menyukai suara dengan nada tinggi atau suara mesin yang berisik, hal itu dapat mendorong anjing untuk bertindak agresif terhadap sumber suara.

Pitbull juga tidak menyukai ancaman atau gangguan yang bersifat mengancam dirinya, misal seekor kerbau liar, beruang, macan, dsb. Hal ini akan berdampak mendorong anjing ini untuk menyerang meski tanpa diperintah.

Anakan Pitbull yang dipelihara dalam suatu kennel besar yang mengalami kebiasaan seringnya kekurangan makanan (dogfood), maka cenderung untuk bertarung memperebutkan makanan. Ini dapat menjadi memory yang buruk di otak anjing untuk merebut makanan dari tempatnya dan dapat mengganggu kestabilan temperamennya sehingga berbahaya apabila ada anak kecil atau orang asing mendekati tempat makanannya.

Anakan Pitbull yang sering mengalami kekerasan fisik oleh breeder atau kennel boy nya, seperti moncong dipukul dengan sandal jepit, tongkat kayu, sapu dsb akan terbiasa untuk berprilaku kasar dan keras terhadap semua rangsangan yang diterimanya.

Berbeda dengan jenis Dobermann, sebenarnya Pitbull bukanlah tipe “one man dog” (anjing yang nurut hanya pada satu tuannya), tapi entah kenapa, saya melihat banyak penggemar Pitbull akan senang apabila dia berhasil melatihnya menjadi anjing “one man dog” . mungkin karena sangat sedikit pitbull yang galak terhadap orang asing, sehingga sebagian pemilik bangga apabila Pitbullnya tidak mudah dipegang orang asing.

Fenomena yang aneh terkadang lucu namun berbahaya adalah sebagian breeder Pitbull menyilangkan anjing betinanya atau jantannya dengan jenis Gamedog Pitbull (Pitbull yang difungsikan untuk anjing aduan, umumnya ukuran kecil ; 14-17kg tapi dengan sifat game : pantang menyerah yang tinggi). Sayangnya tanpa melihat kestabilan mental anjing tsb dan juga menyilangkannya lagi dengan anjing jenis Pitbull yang besar (30-40 kg) yang tidak jelas asal usul darahnya, mungkin juga dengan jenis lain seperti American Bulldog, Dogo Argentino dsb, sehingga didapat jenis “Pitbull Gado-Gado” yang juga tidak jelas juga kestabilan temperamennya. Hal inilah yang sangat beresiko untuk timbulnya kejadian anjing “Pitbulls*” menyerang orang. (*Pitbulls = identik dengan anjing yang mirip Pitbull tapi bukan Pitbull asli).

Seiring berjalannya waktu, meski terkadang tidak jelas jenis apa yg sebenarnya menyerang orang, karena dibutuhkan dana penyelidikan test dna (Hasil test dari ahli psikolog anjing) karena sebenarnya jenis ini dibedakan menjadi 6 berdasarkan fungsi dan tujuan breeding dan genetikanya ;
1. Gamebred Pitbull (karena illegal sport sebagian anjing yang diadu di pit sekarang tidak diregister, namun dulu th.1898 –sebagian ajg di reg di UKC , 1909 ADBA reg :s/d sekarang)
2. Bandog (Sekitar 1900 an : campuran pitbull)
3. American Bulldog (1940-s/d sekarang)
4. American Pit Bull Terrier modern type Large (> 40 kg) : th.1995 s/d sekarang
5. American Pit Bull Terrier modern type medium (20-26 kg): 1980 s/d sekarang
6. American Bully (th.2006 s/d sekarang)

No.1 : seringkali dianggap sebagai bahan utama pembuatan jenis baru, karena dianggap memiliki 7 komponen anjing sport yg paling optimal levelnya (game, hardmouth, HPT, agility, stamina, dsb).

Apakah kita harus melarang breeding ke 6 jenis ini? bagaimana dengan kerabatnya yang lain seperti : Dogo Argentino, Tosa Inu, Presa, Boerboel, Kangal, Bull Terrier dsb?.
 
Bahkan seekor Herder pun ataupun 4 ekor anjing kecil mungkin saja dapat membahayakan untuk menyerang seorang anak kecil.

Jadi persoalannya adalah diperlukan tingkat kewaspadaan dan tanggung jawab yang lebih besar apabila kita memutuskan untuk memelihara jenis Pitbull dibanding jenis lainnya.

Berdasarkan pertimbangan diatas, baik dari sisi positif dan negative mungkin ada baiknya kita mendiskusikan untuk dibuatnya peraturan ijin pengembangbiakkan jenis ini dan ijin pemeliharaannya.
1. Ijin Pembiakkan dikeluarkan oleh dinas peternakan dan asosiasi klub
2. Ijin Pemeliharaan dikeluarkan oleh asosiasi registrasi trah anjing

1.Ijin Pembiakkan

a. Baik calon pejantan maupun betina yang akan dibreeding dibutuhkan hasil lulus test kestabilan temperamen (dari asosiasi independen yg ahli di bidangnya) dan lolos syarat umur kedewasaan.
- Test kestabilan temperamen tsb mencakup 6 hal : tingkat sensitifitas anjing terhadap gangguan pada saat anjing makan dan saat tidur, gangguan oleh orang asing, benda asing seperti boneka, suara mesin yang berisik, kestabilan saat anjing diajak berkeliling keluar rumah melihat hal baru, kepatuhan terhadap tuannya ketika diminta melepaskan benda yang digigit, dsb.

b. Mempunyai fasilitas kennel yang memadai, Pitbull sebaiknya memiliki 2 sekat kandang besi, kandang untuk tidur sekitar 1x 2 meter dan tersambung dengan kandang bebas ukuran 2 x 6 meter, sehingga total luas kandang yang dibutuhkan untuk 1 ekor Pitbull adalah 2x 7 meter.

c. Memiliki ruang penyimpanan makanan, minuman, dan pengobatan yang layak dan higienis, karena khusus untuk jenis ini, resiko untuk anjing saling bertarung sangatlah besar sehingga dibutuhkan fasilitas pengobatan di kennel seperti : untuk memberhentikan luka berdarah.

d. Memiliki tenaga personil kennel boy yang berpengalaman dalam memisahkan anjing yang saling bertarung. Dan disarankan untuk menyediakan sedikitnya 1 orang kennel boy untuk setiap perawatan 4 ekor anjing atau 1 orang kennel boy untuk setiap perawatan 8 ekor anakan. Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan jenis ini berolahraga diluar area kandang. Tenaga, perhatian yang dibutuhkan dan resiko tingkat kesulitan mengkontrol jenis ini diluar rumah adalah dua kali nya dibanding untuk mengkontrol jenis anjing lainnya (seperti herder, dobermann, dsb).

e. Memiliki kandang kennel box yang terbuat dari besi. Hal ini disebabkan khusus untuk jenis Pitbull sangat beresiko mudah untuk menghancurkan kennel box yang terbuat dari fiberglass/ plastik.

f. Memiliki breaking stick, semprotan merica dan brongsong (Pengaman pada moncong agar tidak dapat menggigit)

g. Lulus ujian anjing keluarga dan test basic obedience (kepatuhan dasar)

h. Bertanggungjawab dalam pemeliharaan dan perawatan rutin ; untuk anakan umur dibawah 6 bulan dibutuhkan pemberian makan 3- 4 kali sehari, sedangkan diatas 6 bulan/dewasa =2 kali sehari. Pemberian vaksin komplit pertahun (plus rabies, dsb) dan obat cacing per 6 bulan.

h. Memiliki alat bantu sport seperti: treadmill, catmill, springpole, collar kulit dsb

i. Dianjurkan untuk memiliki lahan tertutup seluas 1000-2000 m2 untuk melepas jenis ini, agar aman dan tidak mengganggu hewan lainnya .

k. Pemilik Pitbull tidak boleh melepas anjingnya diluar halaman rumah (jalan umum) dan hanya boleh membawa anjingnya keluar rumah dengan membawa tali kekang tidak lebih panjang dari 1,5 meter.

l. Anak dibawah umur 17 tahun tidak diperkenankan membawa jenis ini keluar pekarangan.

2. ijin Pemeliharaan
Jenis ini tidak direkomendasikan bagi penggemar baru (pemula), sebaiknya bagi penggemar yang sudah pernah pengalaman dalam memelihara jenis Rottweiler atau sporting dog besar lainnya, lebih direkomendasikan untuk merawatnya. Ijin Pemeliharaan ini sebaiknya dibatasi untuk setiap pemilik agar tidak memiliki lebih dari 2 ekor. Sama seperti pada ijin pembiakkan, untuk ijin pemeliharaan dibutuhkan semua point dalam ijin pembiakkan kecuali point : a dan d.

Hal-hal yang perlu disadari dan diantisipasi oleh pemilik Pitbull :

1. Untuk type Bonecrusher, sebagian dari jenis ini dapat menggigit dan menghancurkan tulang dengkul sapi/babi hanya dalam hitungan menit.

2. Seekor Pitbull yang dilatih dapat melompat dinding setinggi 4,1 meter

3. Dengan bantuan pelatihan, Pitbull dapat mengupas kelapa dengan gigitannya
4. Seekor Pitbull yang sedang marah atau hendak keluar kandang, dapat membengkokkan kandang besi diameter 8-10 mm.

5. Sebagian gamedog dengan kemampuan bergulatnya, dapat seperti merangkul ataupun menggunakan kakinya untuk memanjat pohon yang miring setinggi 3-4 meter.

6. Pitbull yang dilatih dapat menggigit ban bekas mobil yang digantung diatas dak beton.

7. Dengan tenaga terlatih yang besar, seekor Pitbull seberat 30 kg dapat menarik sebuah mobil kijang atau beban kereta setara berat 2 ton.

8. Seekor Pitbull yang dibiasakan lari diatas treadmill, harus diawasi oleh pelatihnya untuk kapan berhenti karena jenis ini cenderung tidak mau berhenti meski sudahkelelahan dan panas (overheat), sehingga dapat mati tiba-tiba jika tidak diawasi.

9. Untuk berlari jarak pendek sekitar 20-25m, gamedog Pitbull dapat berlari hanya dengan waktu 4- 6 detik.

10. Pitbull cenderung jarang menggonggong, apabila dia merasa terancam dan butuh melawan, maka hampir tidak ada suara dalam penyerangan Pitbull.

11. Seekor Pitbull dapat melumpuhkan 80 kg babi hutan.

12. Pitbull yang terlatih dengan baik, sangat bermanfaat untuk tugas anjing penjaga, khususnya di bagian penyerangan (misalkan : tugas Kepolisian dalam menangkap teroris).

Semoga di masa depan kita masih dapat melihat jenis ini dan boleh melestarikannya tanpa membahayakan seseorang dan sekeliling kita.

Usulan Ijin Pembiakan & Pemeliharaan Anjing Pitbull
Ukuran: 600 x 338 px
Kirim ke teman Cetak Komentar
Penilaian Saya:

Yang Hangat

Suara Kita Terkini

Komentar Terakhir